Kamis, 01 Maret 2012

6 Orang Tewas akibat Tornado di Illinois

Diposting oleh Unknown di 01.24
CHICAGO - Sedikitnya enam orang tewas dan lebih dari 100 orang lainnya cedera setelah tornado dan badai menerjang kota Harrisburg di Southern Illinois, Amerika Serikat, Rabu (29/2) pagi waktu setempat.

Pemerintah menyatakan, 250-300 rumah dan 25 tempat usaha juga rusak atau hancur oleh cuaca ekstrem, yang mulai terjadi Rabu, sekitar pukul 04.56 waktu setempat. Bencana itu juga memutuskan pasokan listrik buat lebih dari 12.000 warga di dekat tempat itu.

Sebagai tanggapan atas bencana tersebut, Gubernur Illionis, Pat Quinn, menginstruksikan Dinas Penanganan Keadaan Darurat Illinois untuk mengaktifkan Pusat Operasi Tanggap Darurat Negara Bagian (SEOC) di Springfield. 

"Sedikitnya enam orang telah kehilangan nyawa mereka akibat badai itu, dan hati kami bersama keluarga mereka serta banyak orang lagi yang cedera atau menderita kehilangan harta benda," kata Quinn di dalam satu pernyataan.

Wali Kota Harrisburg, Eric Gregg, mengatakan kepada CNN bahwa tampaknya tornado memporakporandakan daratan sejauh beberapa mil dalam perjalanannya di kota tersebut, dan jalur yang dihancurkannya memiliki ukuran tiga-empat kali lapangan bola di beberapa daerah. "Di beberapa daerah, rumah dan bangunan semi permanen tumbang, mobil terlempar ke danau. Anda dapat membayangkan betapa hancur-leburnya daerah itu sampai Anda tiba di sana. Saya benar-benar tak pernah menyaksikan yang seperti ini sebelumnya," kata Gregg mengenai kerusakan itu.

Gregg menyebut keadaan itu sebagai bencana "yang membuat hati terenyuh", dan menambahkan di satu kota kecil di Harrisburg kerugian sangat besar. Sebanyak 9.000 warga kota kecil itu saling mengenal dan sangat akrab. 

Illinois bukan satu-satunya negara bagian di Midwestern yang menghadapi cuaca ekstrem dalam 24 jam terakhir.  US National Weather Service mengonfirmasi tornado menerjang Harveyville, Kansas, Selasa, sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Sementara Gubernur Kansas Sam Brownback mengumumkan keadaan darurat sebagai tanggapan atas bencana tersebut. Gubernur Missouri Jay Nixon juga mengumumkan keadaan darurat Rabu pagi, ketika cuaca ekstrem melanda kota Branson dan merenggut tiga jiwa, banyak korban cedera dan menimbulkan kerusakan parah di Southern serta Southwestern Missouri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

UNI's World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review